Ketika Anda sedang membangun sebuah
usaha, tentu ada banyak hal yang harus dilakukan. Rasanya hari-hari Anda
berlalu begitu cepat. 24 jam dalam satu hari rasanya kurang untuk
menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Banyak pekerjaan yang harus
diselesaikan saat ini juga, dan banyak pekerjaan yang sudah menanti di
keesokan harinya. Bahkan mungkin orang lain melihat Anda sudah
mendedikasikan hidup Anda seluruhnya untuk membangun bisnis Anda. Inilah
tanggung jawab dari seorang pebisnis. Anda harus siap membagi waktu
dengan segala hal yang ada pada hidup. Mulai dari urusan bisnis,
membangun relasi dengan teman, keluarga, bahkan diri Anda sendiri.
Sudah siap menjadi pebisnis? Maka Anda
juga harus siap untuk menjadi orang yang produktif dan efisien dalam
menggunakan seluruh waktu Anda. Berikut 10 cara agar produktivitas Anda
meningkat:
1. Fokus Pada Satu Hal
Fokus Pada Satu Hal via jimbuchan.com
Banyak orang berpikir menjadi seorang
multitasking adalah hal yang luar biasa. Membayangkan diri Anda sebagai
orang yang hebat dan mampu menyelesaikan segala tugas. Namun tak sedikit
pengusaha justru dibuat berantakan dengan ambisinya menjadi seorang
yang multitasking.
Ada baiknya kerjakan satu tugas pada
satu waktu. Fokus pada apa yang Anda kerjakan memungkinkan pekerjaan
cepat selesai, sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan yang lainnya.
Memberikan perhatian penuh sangat penting agar pekerjaan selesai dengan
hasil maksimal.
2. Bangun Lebih Pagi
Bangun Lebih Pagi via simplyhealthysleep.com
Ada pepatah mengatakan “Bangunlah lebih
pagi agar rezeki tak dipatok ayam” sebenarnya sangatlah tepat. Dengan
bangun lebih pagi, maka tidak ada sedikitpun waktu yang terbuang berada
di atas kasur. Anda dapat melakukan banyak hal yang dapat meningkatkan
kualitas diri.
Di pagi hari Anda dapat olahraga,
membaca berita atau kabar terhangat dan menyantap sarapan agar tetap
bertenaga selama beraktivitas. Dengan bangun lebih pagi, Anda tidak akan
terburu buru dalam melakukan sesuatu.
3. Buatlah Skala Prioritas
Buat Skala Prioritas via futuready.com
Semua tujuan yang ingin Anda capai pasti
memiliki tingkat keutamaannya. Maka dari itu, sedari awal susun skala
prioritas agar Anda dan tim tahu apa yang harus dilakukan terlebih
dahulu dan mana yang setelah itu harus dikerjakan.
Skala prioritas ini dibuat harus
berdasarkan keputusan seluruh tim. Agar saat mengerjakan nanti tim Anda
tahu mana yang harus diutamakan untuk dikerjakan dan kepada siapa harus
bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
4. Kerja Tim
Kerja Tim via hpci.net
Sekalipun Anda adalah pemilik usaha,
bukan berarti Anda harus mengerjakan seluruh pekerjaan yang berhubungan
dengan bisnis Anda. Lebih baik pakai dana untuk investasi dalam hal
sumber daya manusia. Carilah pegawai yang menurut Anda dapat diandalkan.
Dengan berinvestasi dalam hal SDM, maka
Anda dapat menggunakan pikiran dan fisik Anda untuk memikirkan hal yang
lebih baik bagi bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap harus
fokus kepada visi dan misi dari bisnis itu.
5. Ingat dengan Tujuan Utama
Ingat Tujuan Utama via 3blmedia.com
Sebagai pemilik bisnis, Anda tetap harus
fokus dan ingat apa yang menjadi tujuan dari bisnis Anda, apa yang Anda
harapkan dari bisnis ini. Dengan selalu ingat apa tujuan utama, akan
membantu Anda untuk melihat apa yang penting dan tidak penting untuk
bisnis Anda, sehingga lebih produktif.
6. Sertakan Hobi dalam Pekerjaan
Sertakan Hobby Dalam Bisnis via rackcdn.com
Tak akan ada habisnya jika berbicara
soal pekerjaan, apalagi tanggung jawab dalam bisnis yang Anda jalankan.
Sekalipun Anda tak menyukai tanggung jawab itu, namun tetap saja harus
dikerjakan. Namun, tak ada salahnya bahwa mengerjakan sesuatu yang kita
sukai pasti lebih baik dikerjakan.
Ketika tidak menikmati apa yang kita
kerjakan, maka bisa jadi hasilnya tak akan maksimal dan itu berarti Anda
menjadi orang yang tak produktif. Maka dari itu, sesekali selipkan hobi
pada bisnis Anda. Buatlah dan nikmatilah pekerjaan Anda seakan
melakukan hobi Anda
7. Deskripsikan Tujuan
Deskripsikan Tujuan Anda via bikejames.com
Apa yang menjadi tujuan dalam setiap perjalanan bisnis Anda,
deskripsikanlah dengan jelas. Biarkan seluruh tim, investor hingga
konsumen Anda tahu apa yang menjadi tujuan dan konsentrasi dari bisnis
yang Anda dirikan.
Di tengah perjalanan bisnis, pasti ada
saja perubahan tujuan dikarenakan kondisi eksternal atau internal sebuah
bisnis. Tujuan sangat dipengaruhi oleh bagaimana kondisi pasar yang
kita targetkan. Namun, tetaplah menjadikan tujuan awal sebagai
patokannya.
Sesekali lakukan evaluasi terhadap
tujuan Anda. Lihat apa saja yang sudah tercapai dan apa yang belum.
Lihat apa saja kendala yang ada dengan tujuan yang belum tercapai.
Evaluasi ini penting agar Anda tak selalu melihat bahwa tujuan yang Anda
buat itu baik.
8. Atur Jadwal Kerja
Atur Jadwal Kerja via careerealism.com
Sekalipun Anda tergolong orang yang
sangat teliti dan mudah mengingat, namun jangan sepelekan hal dalam
mengatur jadwal. Selalu catat kegiatan yang akan Anda lakukan sehingga
Anda memiliki pengingat akan tugas Anda.
Gunakan pengingat yang cukup detil
seperti apa yang akan Anda kerjakan, kapan, pukul berapa, di mana hingga
dengan siapa Anda harus bertemu atau bekerjasama untuk menyelesaikan
tugas tersebut. Pasang alarm jika itu merupakan pekerjaan yang sangat
penting.
9. Buat Top 5
Tulis Pekerjaan Utama yang Harus Anda Lakukan via blogspot.com
Ini merupakan perpaduan antara keharusan
untuk tetap fokus dan mempunyai skala prioritas dalam mengerjakan
sesuatu. Setiap pagi, tulislah 5 pekerjaan utama yang harus Anda
kerjakan dan selesaikan dalam kurun waktu satu hari.
Lima pekerjaan utama ini tidak boleh
diganggu dengan apapun agar selesai sesuai target. Sekalipun Anda
memiliki tambahan pekerjaan yang lain, pastikan sebelum jam istirahat
malam, 5 pekerjaan utama yang sudah Anda catat terselesaikan dengan
sebaik mungkin.
10. Gunakan Waktu Dengan Tepat
Gunakan Waktu Dengan Tepat via myadroit.com
Gunakan waktu seefisien dan sebijak
mungkin. Jangan biarkan waktu Anda terbuang percuma karena Anda tidak
tahu apa yang harus Anda lakukan. Jika waktunya beristirahat, maka
beristirahatlah. Jika waktu bekerja, maka fokuslah untuk bekerja.
Jika ada sesuatu yang menghambat dan
dibutuhkan waktu untuk berbicara dengan tim, maka gantilah waktu
tersebut dengan pekerjaan lain yang harus diselesaikan. Waktu yang
terbuang tidak akan bisa kembali, maka buatlah waktu bermakna setiap
detiknya.
Jangan Menunda-nunda
Dengan 10 cara meningkatkan
produktivitas, maka tak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda niat dan
semangat menjadi pengusaha. Lakukan cara-cara tersebut di atas hingga
akhirnya menjadi kebiasaan Anda. Ingatlah kebiasaan baik akan membawa
Anda ke hidup yang lebih baik
0 Response to "10 Cara Pengusaha Meningkatkan Produktivitas yang Patut Ditiru"
Posting Komentar