Memiliki usaha yang besar dan
menghasilkan adalah impian bagi banyak pengusaha baik itu usaha kecil,
menengah hingga para pengusaha skala besar. Banyak pula para pengusaha
yang berjuang dari usaha kecil dan menengah atau UKM hingga
bisa terus berkembang dan bisa menjadi bisnis skala besar. Bisnis UKM
atau dikenal juga dengan usaha kecil menengah adalah tipe usaha yang
paling banyak di indonesia.
Membuat sebuah usaha untuk terus
berkembang dengan cepat dan baik tentu saja bukanlah perkara yang mudah
bagi para pelaku usaha terutama untuk usaha kecil dan menengah yang
biasanya juga terkendala akan modal. Ada bermacam-macam cara yang bisa
dilakukan oleh para pelaku bisnis UKM untuk bisa mengembangkan usaha
mereka supaya dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Hal yang
terpenting dalam melakukan usaha tersebut adalah kesabaran, dan juga
memusatkan tenaga serta pikiran untuk terus berusaha mengembangkan
usaha. Hal ini tentunya akan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang
tidak sedikit. Semakin keras dan cerdas dalam berusaha, akan semakin
baik dan cepat pula hasilnya.
Kisah Para Pengusaha Yang Berhasil Dari Nol
Tidak hanya itu, mengembangkan sebuah
usaha kecil atau mikro menjadi usaha menengah hingga menjadi usaha besar
membutuhkan sebuah strategi yang matang, agar usaha tersebut dapat
berkembang dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Sebelum berbicara tentang strategi
seperti apa yang harus Anda lakukan agar usaha kecil yang Anda bangun
sukses, berikut beberapa kisah pengusaha sukses yang dapat menjadi inspirasi Anda:
Bob Sadino
Bob sadino adalah salah satu pengusaha
asal Indonesia yang merangkak dari nol dan terus berkembang hingga
menjadi pengusaha besar saat ini. Pengusaha yang satu ini sempat menjadi
seorang karyawan selama 9 tahun lamanya, namun ia memutuskan untuk
keluar dan mencoba untuk menjadi seorang pengusaha.
Seperti kebanyakan orang, usahanya tidak
langsung menghasilkan kesuksesan yang besar. Bob sadino mencoba usaha
penyewaan mobil namun tidak berjalan lancar. Kemudian karena terdesak ia
pun bekerja menjadi buruh bangunan sambil berusaha kembali dengan
berjualan ayam. Dengan modal pinjaman dari tetangga, Bob pun memulai
usahanya berdagang telur secara kecil-kecilan dari rumah ke rumah. Tak
disangka usahanya terus menanjak dan ia pun melanjutkan usahanya ke
berbagai bidang yang lain.
Sunny Kamengmau
Sunny kamengmau juga termasuk pengusaha
sukses yang berasal dari bawah. Pria yang berasal dari Nusa Tenggara
Timur ini telah berhasil membuat produk berupa tas dengan merek yang
bernama Robita. Tas yang satu ini sangat populer bahkan di luar negeri
seperti di Jepang dan beberapa daerah lainnya. Bahkan tas ini cukup
populer dikalangan para sosialita tanah air karena kualitas dan
keunikannya.
Sunny merupakan orang yang tidak
menyelesaikan pendidikan SMA dan nekat merantau ke Bali untuk
mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada awalnya ia hanya menjadi
seorang tukang sapu. Akibat ketekunannya dan juga semangat dalam
berusaha, akhirnya ia mencoba untuk berjualan tas dan akhirnya menjadi
pengusaha dengan omset yang besar hingga sekarang.
Masih banyak lagi pengusaha yang
merangkak dari bawah seperti Reza Nurhilman yang membuat “Keripik
Setan”, adapula Susi Pudjiastuti sang pengusaha wanita nyentrik yang
saat ini menjadi menteri kelautan, dan ada juga Gibran Rakabuming yang
merupakan anak dari presiden Joko Widodo yang memiliki usaha katering.
Walau memiliki seorang ayah yang berstatus sebagai presiden, namun
Gibran tidak menggunakan kuasa dan dana ayahnya namun menggunakan
usahanya sendiri secara mandiri.
Tips Sukses Bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah)
Berkaca dari keberhasilan beberapa
pengusaha di atas, tentu memerlukan kerja keras dan disiplin tinggi.
Tidak hanya itu, strategi atau pun cara jelas sangat menentukan
kesuksesan mereka membangun usaha sejak awal. Lalu apa saja cara yang
dilakukan para pengusaha tersebut hingga akhirnya sukses, berikut Tips
Sukses Bisnis UKM (Usaha Kecil dan Menengah) agar menjadi seperti para
pengusaha di atas.
1. Buatlah Strategi Yang Baik dan Matang
Strategi via ruangfreelance.com
Ketika menjalankan sebuah bisnis atau
usaha terutama untuk usaha skala menengah keatas, dibutuhkan sebuah
strategi dan perencanaan yang baik dan juga matang. Agar usaha Anda
dapat berkembang menuju level yang lebih baik, buatlah sebuah strategi
dan perencanaan mulai dari pemasaran, biaya, visi, misi, target, dan
lain-lain.
Tujuannya adalah untuk mempermudah dan
juga membantu para pelaku usaha agar dapat memperhitungkan
anggaran-anggaran yang dibutuhkan serta tidak melenceng dari target.
Selain itu strategi ini digunakan agar pengusaha juga dapat selalu
fokus. Dengan adanya strategis bisnis, baik itu untuk waktu bulanan,
maupun tahunan, akan membuat Anda bisa lebih fokus dan bisa lebih baik
dalam menjalankan usaha Anda nantinya.
2. Kenali Pesaing-Pesaing Anda
Kenali Pesaing Anda via growthlightning.com
Tips sukses bisnis UKM yang selanjutnya
yaitu cobalah untuk mengenal dan mengetahui baik strategi atau pun
hal-hal yang dimiliki oleh para pesaing Anda, termasuk juga kelebihan,
kekurangan, cara promosi dan lain-lain. Dengan mengenal para pesaing
terutama mereka yang berhasil juga dapat membuat Anda mengetahui apa
saja yang harus dilakukan dan hal-hal yang tidak dilakukan. Hal ini juga
menuntut Anda untuk terus selalu melakukan hal yang berbeda dengan para
pesaing dengan cara inovasi dan kreasi baru, hal tersebut agar Anda
memiliki nilai tambah dan dan juga agar dilirik oleh para konsumen
dibandingkan dengan banyaknya produk lain dari para pesaing.
3. Hemat Biaya Operasional Bulanan
Hemat Biaya Bulanan via tweakyourbiz.com
Ketika Anda akan mengembangkan usaha
agar menjadi lebih besar, Anda tidaklah harus mengeluarkan biaya yang
lebih besar atau lebih banyak terutama untuk hal-hal yang dirasa tidak
perlu. Para pelaku usaha tidaklah mesti mengeluarkan biaya yang besar
dalam hal operasional saat awal usaha dibuka. Usahakan agar Anda hanya
mengeluarkan biaya untuk hal yang penting dan memang perlu dilakukan
saja, supaya Anda tidak kehabisan biaya sebelum mendapatkan laba yang
cukup untuk membesarkan usaha Anda dengan lebih besar lagi.
Khusus untuk pengembangan yang satu ini,
usaha dan kreativitas Anda sangat diperlukan untuk bisa menekan
biaya-biaya yang tidak perlu dan bisa dihemat. Carilah ide-ide baru
dalam hal marketing atau pemasaran yang hanya memerlukan biaya yang
kecil dan murah. Seperti melakukan marketing melalui jalur online
seperti membuat toko online dibandingkan dengan membuat atau menyewa
toko di mall yang pastinya membutuhkan biaya yang cukup besar.
4. Survei Harga Pasar
Lakukan Survey Pasar via businesslounge.net.au
Jika Anda ingin mengembangkan usaha Anda
menjadi lebih baik lagi, sudah seharusnya Anda mengetahui nilai harga
pasar secara umum, real time dan lebih lengkap. Hal tersebut bertujuan
untuk mengetahui harga pasar yang sebenarnya dan mengetahui harga secara
tepat dari waktu ke waktu. Dengan mengetahui harga pasar secara real
time, Anda bisa bersiaga dan mengambil langkah baru jika harga yang ada
di pasaran mengalami kenaikan ataupun penurunan yang signifikan.
Pentingnya Pemasaran Untuk Usaha yang Baru Dibuka
Perlu diingat bahwa untuk usaha yang
baru dibuka, pemasaran merupakan hal yang paling penting yang harus Anda
pelajari dan kembangkan. Berikut ini alasan-alasan mengapa strategi
pemasaran penting bagi Anda untuk dimiliki dan terus dikembangkan.
- Pemasaran bertujuan untuk memberi info dan juga mengkomunikasikan produk secara detail kepada para konsumen kita, termasuk didalamnya fungsi, kelebihan maupun manfaatnya bagi mereka.
- Pemasaran juga berguna untuk menghadapi persaingan dalam usaha. Contohnya adalah strategi pemasaran dalam harga, promosi, diskon dan hal-hal lain untuk memenangkan persaingan.
- Strategi pemasaran berguna untuk membangun dan menguatkan merek agar dikenal secara terus menerus.
- Strategi ini juga berguna untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh para konsumen dan juga mengetahui perilaku dan respon dari pasar. Sehingga kita bisa menyesuaikan dengan strategi pemasaran yang lebih baru.
- Pemasaran yang baik tentunya akan membuat pertumbuhan usaha Anda menjadi lebih tinggi dan dapat bertahan dalam waktu yang lama, karena setiap usaha yang ingin bertahan lama sangat tergantung akan kekuatan merek dan hal tersebut sangat tergantung dari pemasaran yang baik dan berkelanjutan.
Fokus dan Ulet, Kunci Sukses Bisnis UKM
Strategi dan tips di atas sifatnya
adalah teknis atau skill yang harus Anda kuasai agar UKM Anda sukses.
Namun dibalik itu ada sifat mental seorang pengusaha sukses yang harus
Anda miliki yaitu Fokus dan Ulet. Tanpa sikap mental tersebut, apapun
strategi Anda tidak akan berhasil. Jangan mudah menyerah dan gampang
tergoda terhadap usaha musiman yang bukan core bisnis atau kompetisi
Anda.
0 Response to "Kisah Pengusaha Sukses dan Cara Mengikuti Jejak Mereka"
Posting Komentar